A. INTRA
PERSONAL SKILL :
1. Transforming
character
Yaitu mengubah sifat atau karakter
diri sendiri agar kita bisa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Contohnya
: belajar untuk mendengarkan pendapat orang lain tentang kita, jika ada sifat
yang tidak baik kita bisa mengubah ke yang lebih baik dengan kemauan yang kuat.
2. Transforming
beliefs
Yaitu mengubah sikap kita agar
kepercayaan orang lain terhadap diri kita bisa kembali dan orang yakin dan
percaya pada diri kita dan kemampuan yang kita miliki. Contohnya: mengubah gaya
penampilan kita, dari segi berbicara dan segi berpakaian. Dulu misalnya
berpakaian semau sendiri sekarang bisa menyesuaikan dengan keadaan. Dan yyang
pastinya harus berpenampilan sopan. Contoh lain, dulu gaya bahasa dan bicara
kita sama saja terhadap siapa pun sekarang harus lebih sopan dari sebelumnya
dan harus melihat juga siapa lawan bicara kita
3. Change
management
Yaitu mengatur perubahan yang akan
kita lakukan ke arah yang lebih baik. Contohnya: saat kita ingin mengubah sikap
pada diri kita, kita membutuhkan waktu untuk tahap proses pengubahan. Maka kita
atur dan ditargetkan tahap-tahap apa saja yang akan kita lakukan untuk
melakukan perubahan tersebut, maka kita harus mempunyai konsekuensi pada diri
kita untuk pencapaian target tersebut.
4. Sterss
management
Yaitu mengatur waktu kita agar
tidak terjadi stress yang berlebihan. Contohnya: saat setelah melakukan ujian
akhir semester, kita melakukan refreshing atau jalan-jalan untuk mengurangi
tingkat stress setelah menghadapi ujian.
5. Time
management
Yaitu mengatur waktu yang kita
miliki agar waktu yang ada tidak terbbbuang sia-sia dan menghindari penyesalan
dikemudian hari, sehingga kita harus mempunyai target dalam menentukan sesuatu.
Contonya: menargetkan pada diri kita sendir untuk melakukan shalat 5 waktu
dengan tepat waktu.
6. Creative
thinking processes
Yaitu cara berpikir kita harus
dikembangkan secara terus menerus agar kita bisa berpikir secara kreatif karena
kalau kita tidak membiasakan melatih otak kita untuk berpikir, maka otak kita
akan berpikir secara lamban. Contohnya: kita bisa memberikan ide atau pendapat
tentang sesuatu yang berguna dalam suatu forum dan bisa diterima oleh orang
lain dengan cara menjelaskan dan mayakinkan konsep pemikiran kita kepada orang
lain agar orang lain percaya dan yakin akan pendapat kita.
7. Goal
setting and live purpose
Yaitu mengatur kehidupan kita agar
segala sesuatunya tidak terbengkalai. Contohnya: kita menentukan tipe kehidupan
kita seperti apa. Apakah maunya santai atau tipe pekerja keras dalam melakukan
sesuatu.
8. Acceleratated
learning techniques
Yaitu cara kita untuk mempercepat
proses pembelajaran agar tidak lelet. Contohnya: agar kita bisa melakukan
sesuatu kita harus pelajari tentang apa yang mau kita lakukan. Yang harus
dipelajari adalah bagian intinya, dan juga kita harus paham dulu apa yang mau
kita lakukan. Dan tidak lupa juga diiringi dengan praktikumnya agar lebih
mengerti.
B. INTER
PERSONAL SKILLS
1. Communication
skills
Yaitu kemampuan seseorang dalam
berkomunikasi dengan orang lain dengan baik. Contohnya: hubungan komunikasi
kita dengan keluarga apakah lancar atau masih kurang dalam berkomunikasinya.
Kemudian antara kita dengan teman di kelas apakah kita disukai atau tidaknya
bergantung pada kitanya dalam menjalin komunikasi satu sama lain.
2. Relationship
building
Yaitu membangun hubungan kerja sama
dengan orang lain agar mencapai suatu tujuan tertentu. Contohnya: dalam belajar
kelompok, kita bisa melatih kemampuan kita dalam komunikasi dan bekerjasama
dengan teman. Misalnya dalam pembagian tugas. Kalo ada yang kurang mengerti dan
kita sendiri agak mengerti tentang tugas tersebut, kita bisa menjelaskan kepada
teman-teman tersebut.
3. Motivation
skills
Yaitu kemampuan kita dalam
memberikan motivasi kepada diri sendiri dan orang lain. Contohnya: saat kita
sedang
4. Leadership
skills
Yaitu kemampuan seseorang dalam
memimpin dan sebagai pemimpin yang dapat memberikan contoh yang baik kepada
anggota dan orang lain. Contohnya: dalam suatu organisasi dibutuhkan seorang
pemimpin yang bisa mengajak anggota-anggotanya untuk bisa bekerja sama dengan
memberikan contoh yang baik sehingga anggotanya pun merasa kalo pimpinannya
bisa dijadikan sebagai panutan dan bisa diajak kerjasama dalam melakukan setiap
kegiatannya.
5. Self
marketing skills
Yaitu kemampuan dalam mempromosikan
dirinya dengan menceritakan atau menjelaskan kemampuan apa yang dimilikinya.
Contohnya: dalam wawancara perekrutan suatu organisasi pasti akan ditanya apa
alasan mereka untuk memilih kita. Maka kita akan menjelaskan tentang kemamuan
apa yang kita miliki untuk kegiatan tersebut secara maksimal agar mereka yakin
untuk memilih kita sebagai salah satu anggota dari organisasi tersebut.
6. Negotiation
skills
Yaitu semampuan kita dalam
bernegosiasi dengan orang lain dalam membeli sesuatu dengan harga yang lebih
murah. Contohnya: dalam membeli barang kebutuhan di pasar, pasti ada tawar
menawar terlebih dahulu. Dengan harga yang sudah disebutkan, kita tawar harga
barang tersebut dengan harga yang turun dari harga awal hingga mencapai harga
yang disepakati antara kita dengan penjualnya.
7. Presentation
skills
Yaitu kemampuan kita untuk
mempresentasikan sesuatu kepada orang lain agar orang lain mengerti apa yang
kita jelaskan. Usahakan sewaktu kita presentasi menggunakan bahasa yang umum
agar tidak terjadi miskomunikasi antara kita dengan orang lain, terus usahakan
juga lihat kondisi dan suasana saat kita mau presentasi. Contohnya: saat
presentasi di kelas, kita menjelaskan sesuatu kepada yang lainnya. Lihat
suasananya. Jika teman-teman masih ribut, usahakan untuk mengambil alih
perhatian mereka, apabila suasana sudah mendukung maka kita lanjutkan untuk
presentasi kembali.
8. Public
speacking skills
Yaitu kemampuan kita dalam menjalin
hubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat sekitar kita. Contohnya: kita
saling tegur sapa dengan warga ataupun orang yang berselisih jalan dengan kita.
Kalau ada salah satu warga yang sakit, kita datang untuk membesuk orang
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar